Rappeling


Zesta Outbound - Zesta Adventure

Rappeling atau Refling adalah salah satu kegiatan menuruni ketinggian dengan media tali kernmatle ( biasa disebut tali karmantel ) dari atas ke bawah. Dalam Panjat Tebing, Rappeling masuk ke dalam materi Descending yakni kegiatan turun atau menuruni tali.

Rappeling dapat dilakukan di media alami atau buatan,media alami bisa terdapat pada tebing-tebing atau dinding-dinding tebing batu dan lain-lain.sedangkan media buatan  biasa nya terbuat dari rangkaian besi yang di lapisi papan baik dari kayu,maupun bahan fiber keras,yang tahan akan benturan.ada juga yang memanfaatkan bangunan-bangunan tinggi seperti gedung dan jembatan.

Kegiatan Olagraga Rappeling merupakan Olahraga yang tidak bisa dilakukan asal-asalan,dimana olahraga ini harus memiliki,peralatan khusus dan ilmu khusus di bidangnya,serta harus di dampingi oleh satu atau beberapa pendamping khusus di bidangnya.jika dalam kegiatan Outbound biasanya di sebut dengan operator.

sarana Olahraga rappeling saat ini sangat mudah di temui,dan khusunya di daerah Bandung,jawa barat,sangat banyak sekali wahana wisata alam,wisata outbound yang memiliki sarana untuk kegiatan rappeling.yang lebih mudah lagi tidaklah kita mesti memiliki peralatan nya yang terbilang mahal,namun tinggal menunjuk salah satu EO (even Organiser).Peralatan tersedia plus dengan pemandu yang ahli di bidangnya.

Komentar